edisi bagian bagian java


Edisi JAVA

Java adalah bahasa yang dapat dijalankan dimanapun dan di sembarang platform apapun, di beragam lingkngan : internet, intranets,consumer electronic products, dan computer applications.The java 2 platform tersedia dalam 3 edisi untuk keperluan berbeda. Untuk beragam aplikasi yang dibuat dengan bahasa Java, java dipaketkan dalam edis – edisi berikut :

1.Java 2 Standard Edition ( J2SE )
ini adalah yang biasa kita kenal sebagai bahasa Java. Kategori ini digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasiaplikasi di PC. Apl.
2.Java 2 Enterprise dition ( J2EE )
untuk aplikasi berbasis web, aplikasi sistem tersebar dengan beraneka ragam klien dengan kompleksitas yang tinggi. Merupakan superset dari Standar Java.
3.Java 2 Micro Edition ( J2ME )
merupakan subset dari J2SE dan salah satu aplikasinya yang banyak dipakai adalah untuk wireless device / mobile device.

Masing – masing edisi berisi Java 2 Software Development Kit ( J2SDK ) untuk mengembangkan aplikasi dan Java 2 Runtime Environent ( J2RE ) untuk menjalankan aplikasi.
Kelebihan Java di bandingkan dengan C++
Pembuat program java telah merancang java untuk menghilangkan pengalokasian dan dealokasi memori secara manual, karena java memiliki Garbage Collection
Diperkenalkannya deklarasi array yang sebenarnya dan menghilangkan aritmatika pointer. Hal ini yang sering menyebabkan memori overwrite.
Dihilangkannya multiple inheritance, mereka menggantinya dengan interface.

Java mempunyai 2 bagian utama, yaitu :
1 Java Virtual Machine (JVM)
2 Java Application Programming Interface (Java API)

Sun membagi arsitektur Java menjadi 4 bagian, yaitu :
1 Enterprize Edition(J2EE) untuk aplikasi Web, aplikasi system tersebar dengan beraneka ragam klien dengan kompleksitas yang tinggi. Merupakan SuperSet dari Standart Java.
2 Standart Edition (J2SE) ini dikenal sebagai bahasa Java.
3 Micro Edtiton (J2ME) merupakan subset dari J2SE dan salah satu aplikasinya yang banyak dipakai adalah untuk Mobile Device.

0 komentar:

Posting Komentar